Laporan Prakerin SMKN Bandar Jurusan TPHP di PT Sabdo Palon



LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
DI PT SABDO PALON




DISUSUN OLEH:
NAMA                                    : 
NIS                                          : 
KOPETENSI KEAHLIAN : TEKNOLOGI PENGOLAHAN
  HASIL PERTANIAN



UNIT PELAKSANA TEKNIS SMK NEGERI BANDAR
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN PACITAN
2014



LEMBAR PENGESAHAN

LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
DI PT SABDO PALON

Setelah membaca dan mencermati laporan praktek kerja industri
Nama                           : 
NIS                             : 
Kopetensi keahlian      : Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian

Menyetujui dan mengesahkan untuk diajukan sebagai kelengkapan dalam pemenuhan tugas praktek kerja industri (PRAKERIN)



Bandar, 15 Juni 2014
Pokja Prakerin 2014




ADI PRAYITNO, S.Pd.
NIP. 19720708 200801 010
Pembimbing Sekolah




DWI ESTIATUN, S.TP.
NIP.

Mengetahui,
Kepala Sekolah




Dra. NURUL LINDAWATI, M.Pd.
NIP. 19640508 199601 001
Ketua Kompetensi Keahlian




KRISNANTO TEGUH, S.SP.
NIP. 19680327 200801 005

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT dan hanya pertolongan Allah SWT. Sehingga kami selaku siswa prakerin mampu menyelesaikan laporan prakerin. Laporan prakerin ini kami susun berkaitan dengan adanya tugas untuk melengkapi nilai mata pelajaran produktif pada semester satu dan semester dua.
Ucapan terimakasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu penyusunan laporan ini dengan dorongan, arahan, dan bimbingannya, yaitu kepada:
1.      Dra. Nurul Lindawati, M.Pd., selaku kepala SMK Negeri Bandar yang telah memberi izin penuh kepada kami untuk membuat dan menyelesaikan laporan ini.
2.      Adi Prayitno, S.Pd., selaku keetua prakerin SMK Negeri Bandar.
3.      Dwi Estiatun, selaku pembimbing prakerin.
4.      Krisnanto Teguh, S.SP., S.Pd., dan Nur Widiyati, S.Pd., selaku guru mata pelajaran Produktif TPHP.
Mungkin keterbatasan kemampuan telah menjadikan laporan ini banyak kekurangan, oleh karena itu kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi kesempurnaan laporan ini. Dan laporan ini bermanfaat bagi kami khususnya dan bermanfaat bagi pembaca pada umumnya. Semoga Allah SWT meridoi, Amin....

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Pacitan, 15 Juni 2014



DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ......................................................................................  
LEMBAR PENGESAHAN .............................................................................
KATA PENGANTAR ....................................................................................
DAFTAR ISI ..................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN ...............................................................................
A.     Latar Belakang ...................................................................................
B.     Tujuan ................................................................................................
C.     Sistematika Penulisan .........................................................................
BAB II KETERAMPILAN DU/DI ..................................................................
A.     Keterampilan yang diberikan .............................................................
B.     Peralatan kerja yang dimiliki DU/DI ...................................................
C.     Fasilitas yang diberikan ......................................................................
D.     Struktur Organisasi .............................................................................
E.      Layanan yang diberikan kepada konsumen .......................................
BAB III MASALAH DAN PEMECAHANNYA .............................................
A.     Masalah yang ditemukan di DU/DI ....................................................
B.     Pemecahan .........................................................................................
BAB IV PENUTUP ........................................................................................
A.     Kesimpulan ........................................................................................
B.     Saran ..................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN



BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
Praktek kerja industri (Prakerin) adalah suatu bentuk penyelenggara dari sekolah yang memadukan secara sistematika dari sinkorn antara program pendidikan sekolah dari program penyelesaian yang diperoleh melalui kegiatan profesional. Dimana keahlian profesional tersebut hanya dapat dibentuk melelui tiga unsur utama yaitu ilmu pengetahuan, teknik, dan kiat. Ilmu pengetahuan dan teknik dapat dipelajari dan dikuasai kapan dan dimana saja kita berada. Sedangkan kiat tidak dapat diajarkan tetapi dapat dikuasai melalui proses mengerjakan langsung pekerjaan pada bidang profesi itu sendiri. Pendidikan sistem ganda dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang profesional dibidangnya. Melalui pendidikan sistem ganda diharap dapat menciptakan tenaga kerja yang profesional tersebut. Dimana para siswa yang melaksanakan pendidikan tersebut diharapkan dapat menerapkan ilmu yang dapat dan sekaligus mempelejarai dunia industri. Tanpa dilaksanakan pendidikan sistem ganda ini kita dapat langsung terjun ke dunia industri karena kita belum mengetahui atau dan kondisi lingkungan kerja.
Ada beberapa peraturan tentang praktek kerja industri (Prakerin) dan putusan industri adapun praktek kerja industri (Prakerin) adalah sebagai berikut:
1.      Tercantum pada UUD No. 02 Tahun 1989 tentang pendidikan nasional yaitu untuk menyampaikan peserta didik melalui bimbingan, pengajaran, dan latihan bagi peranannya yang akan datang.
2.      Peraturan pemerintah No. 29 tahun 1990 tentang pendidikan menengah yang bertujuan meningkatkan kemampuan peserta didik sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial.
3.      Keputusan menteri No. 04 tahun 1990/1993. Tentang kurikulum SMK yang berisi bahwa dalam melaksanakan pendidikan dilaksanakan melalui diluar jalur yaitu pendidikan di dalam sekolah dan pendidikan luar sekolah.
Adapun waktu dan tempat untuk pelaksanakan pendidikan sistem ganda (PSG) adalah mulai 27 Januari 2014 s/d 27 April 2014 di PT SABDO PALON.

B.     Tujuan
Tujuan praktek kerja industri (Prakerin) adalah sebagai berikut:
1.      Meningkatkan pengetahuan siswa pada aspek-aspek usaha yang profesional dalam lapangan kerja antara lain struktur jenjang karier dan teknik.
2.      Mengimplemantasikan antara pendidikan di sekolah dan di luar sekolah.
3.      Diharapkan menambah wawasan dan pengetahuan yang berharga baik guna memperbaiki dengan mengembangkan kesesuaian pendidikan dan kenyataan yang ada di lapangan.
4.      Untuk mencapai visi dan misi sekolah menengah kejuruan (SMK) Negeri Bandar.

C.     Sistematika Penulisan
BAB I PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
B.     Tujuan Praktek Kerja Industri
C.     Sistematika Penulisan
BAB II KEADAAN DU/DI
A.     Keterampilan yang diberikan
B.     Peralatan kerja yang dimiliki DU/DI
C.     Fasilitas yang diberikan
D.     Struktur Organisasi
E.      Layanan yang disediakan kepada konsumen
BAB III MASALAH DAN PEMECAHANNYA
A.     Masalah yang ditemukan di DU/DI
B.     Pemecahan
BAB IV PENUTUP
A.     Kesimpulan
B.     Saran-Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN



BAB II
KEADAAN DU/DI

A.     Keterampilan yang diberikan
Keterampilan yang diberikan DU/DI adalah sebagai berikut:
1.      Mengoperasikan mesin packaging (Mesin Foil).
2.      Mengoperasikan mesin pil.
3.      Melakukan sortasi pada pil.
4.      Mengoperasikan mesin foil korin vertical packaging di kido.
5.      Menerapkan keselamatan kerja, kesehatan, dan lingkungan hidup (K3LH).
6.      Menerapkan proses kerja (good manufacturing product).
7.      Proses pergudangan atau penyimpanan hasil pertanian.

B.     Peralatan yang dimiliki DU/DI
Peralatan yang dimiliki DU/DI adalah sebagai berikut:


1.      Mesin packaging
2.      Mesin pil
3.      Oven
4.      Mixer
5.      Box
6.      Lif
7.      Timbangan 
8.      Blender
9.      Ayak
10.  Kompor
11.  Pengaduk otomatis
12.  Pisau
13.  Mesin kido



C.     Fasilitas yang diberikan
Fasilitas yang diberikan di DU/DI adalah sebagai berikut:
1.      Siswa Prakerin dapat menggunakan/ mengoperasikan alat yang sudah diberikan perusahaan kepada siswa prakerin.
2.      Siswa prakerin diberi makan dan minum 3 kali sehari.
3.      Siswa prakerin mendapat mest.
4.      Siswa prakerin sewaktu pulan diberi pesangon dari perusahaan.




D.     Struktur Organisasi
E.     Layanan yang disediakan kepada konsumen
Menyediakan aneka jamu, antara lain:
1.      Raket wangi
2.      Sepet wangi
3.      Sari rapet
4.      Pangkur putih
5.      Pangkur hitam
6.      Pegel linu
7.      Dua kates
8.      Candek ayu
9.      Molek molok
10.  Sawanan
11.  Jamurat
12.  Apusirih
13.  Kido
14.  Kunir asem (lasser)
15.  Temu lawak
16.  Jahe kuning




BAB III
MASALAH DAN PEMECAHAN

A.     Masalah yang ditemukan di DU/DI
Masalah yang ditemukan di DU/DI adalah sebagai berikut:
1.      Salah pemutaran pada mesin.
2.      Kehabisan rol pada saat bekerja.
3.      Kehabisan expayet pada saat bekerja.

B.     Pemecahan
1.      Matikan mesin terlebih dahulu dan tarik rol yang tidak pas pengelasan dan pemotongannya setelah itu mesin dinyalakan kembali.
2.      Jika rol habis maka rol disambung dengan rol yang baru.
3.      Jila expayet habis maka expayet yang telah dipakai dibuang dan diganti dengan yang baru.



BAB IV
PENUTUP

A.     Kesimpulan
Bahwa praktek kerja industri (Prakerin) merupakan hal yang sangat penting dalam kegiatan belajar. Di dalam prakerin kami diberi bimbingan penuh sabar oleh pembimbing kami. Jadi praktek kerja industri merupakan kegiatan yang sangat mendukung dalam kegiatan siswa terutama dalam program keahlian.
Dalam kegiatan ini kami telah mendapat persetujuan dari pihak terkait yaitu pihak sekolah dan pihak DU/DI.
Akhirnya kami mengucapkan terimakasih banyak kepada Bapak/ Ibu Guru yang telah memberikan kesempatan berlatih bekerja dan pihak DU/DI yang telah bersedia memberi materi sehingga kami benar-benar mampu bekerja sendiri. Kami mengucapakan terimakasih dan mohon maat yang sebesar-besarnya. Kami berharap semoga laporan ini bermanfaat.

B.     Saran
1.      Kepada Bapak/ Ibu Guru
Seharusnya kegiatan (Prakerin) dilaksanakan pada semester ganjil jadi kami tidak terlalu banyak tertinggal dalam pelajaran.
2.      Kepada Pembaca
Kritik dan saran yang membangun dari para pembaca sangat penting untuk pembuatan laporan prakerin yang lebih baik untuk kedepannya khususnya siswa kejuruan TPHP.
3.      Terhadap sekolah
Mengingat prakerin merupakan hal yang sangat penting dan sangat mendukung kegiatan belajar dalam bidang keahlian. Seharusnya dilengkapi dengan saran dan prasarana khususnya dalam Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian agar proses belajar kedepannya lebih baik lagi.



Lampiran

CARA PEMBUATAN JAHE KUNING



Previous
This is the oldest page
Thanks for your comment